Sabtu, 20 Agustus 2016

About Android-Solusi Untuk Rel Kereta Api Indonesia Rel Berbahan Komposit-ANDROIDKAWE

Solusi Untuk Rel Kereta Api Indonesia Rel Berbahan Komposit


Android-aplikasi.com | Masalah keamanan adalah bagian yang menjadi sorotan penting pada keamanan bertransportasi. Tentu saja hal itu perlu diperhatikan, sebab hal tersebut berkaitan langsung pada keselamatan penumpang saat menggunakan transportasi yang di naiki.

Sehubungan dengan hal tersebut, moda transportasi indonesia terus menerus mengembangkan atau melakukan pembenahan juga perbaikan, termasuk juga moda transportasi kereta api. Perbaikan serta pembenahan itu menyangkut masalah keamanan lalu-lintas kereta api.

Masalah utama yang menjadi perhatian kereta api yaitu pada pintu perlintasan kereta api menggunakan kabel yang dipasang berdampingan sepanjang rel kereta api. yang padahal seperti yang kita ketahui kebanyakan rel kereta api indonesia ini menggunakan bahan baja yang jelas tentunya memiliki sifat dapat menghantarkan arus listrik.

Kondisi ini memiliki kemungkinan besar akan adanya potensi teraliri listrik liar, bisa juga terkena sambaran petir yang termasuk listrik liar. Oleh sebab itu, perlulah sebuah inovasi yaitu isolator listrik yang mampu mengurangi dampak atau resiko akibat listrik liar serta dapat mengurangi gangguan sistem elektronik persinyalan.

Menjawab permasalahan tersebut, Ir. Kuntari Adi Suhardjo, Inovator IRJ dari Balai Besar Bahan dan Barang Teknik Kementerian Perindustrian, mengembangkan inovasi terbaru dengan pemasang rel berisolasi atau Insulated Rail Joint (IRJ) di sambungan rel.

"Untuk mengurangi risiko akibat listrik liar yang dapat mengganggu sistem elektronik persinyalan, diperlukan isolator listrik dengan memasang IRJ pada sambungan relnya," kata Kuntari, dikutip Tekno Liputan6.com dari Kumpulan 20 Karya Unggulan Teknologi Anak Bangsa yang dirilis Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi, Minggu (26/6/2016).

Tidak hanya memiliki fungsi sebagai isolator, IRJ ini juga harus memiliki power atau kekuatan menahan beban statis dan juga beban dinamis dari gerbong-gerbong kereta api tersebut.
Previous Post
Next Post

0 komentar: